Rintangan Perdana Untuk Blog Ini

Sabtu, Januari 31st 2015. | Catatan
pasang iklan

Bukan hanya hidup nyata yang banyak lika-liku serta kesulitan, blog ini pun juga mengalami rintangan setelah setahun terkakhir mengudara. Nyawa suatu situs tentunya dilihat dari konten, tentang konten saya kira blog ini masih bisa menghasilkan tulisan yang selalu diperbarui. Yang kedua adalah masalah pengunjung, ada lalu lintas pengunjung langsung maupun tidak langsung. Dengan melalui mesin pencari merupakan salah satu cara pengunjung untuk sampai ke blog ini, tentu saja yang paling terkenal adalah mesin pencarian milik google. Jadi bisa disimpulkan google memiliki peran yang penting agar suatu situs dapat terus ada.

artikel-kena-sandbox

“Jadi seperti apa rintangan perdana yang dimaksud judul dalam artikel ini sih, ribet deh adminnya”. Sabar, jadi begini ceritanya…

Kesibukan saya kalau pagi adalah kerja, sore olahraga (cieh, beneran?), dan malamnya adalah ngeblog dan ngetik artikel. Suatu ketika saya heran karena salah satu artikel di blog ini yang berjudul Tipuan Layar Lengkung Dengan Photoshop hilang dari penelusuran baik melalui (google.com) maupun (google.co.id), padahal artikel lain di blog ini muncul semua di hasil pencarian. Jangan-jangan kena hukuman google yang bahasa kerennya kena sandbox google? Bagi yang belum tahu akan saya jelaskan, sandbox google adalah algoritma google yang menghukum suatu situs dengan cara menghilangkan situs atau blog kita dari hasil penelusuran. Terdapat 2 macam hukuman yaitu hilangnya alamat url utama sekaligus artikel-artikel di dalamnya pada hasil penelusuran (total), dan hilangnya salah satu artikel saja dalam sebuah blog. Untung dalam blog ini hanya satu artikel saja yang tidak dapat ditemukan di mesin pencari, sehingga belum terlalu sulit untuk mengatasinya.

Saya berpikir sejenak kenapa google menghukum blog yang masih tergolong muda ini (ulang tahun yang pertama tanggal 13 Januari 2015 kemarin). Saya teringat bahwa akhir-akhir ini saya terlalu bersemangat dalam mencari backlink, bisa jadi itu dianggap spam. Selain itu artikel yang terkena efek sandbox google tersebut kurang berkualitas karena hanya berisi tidak lebih dari 300 kata. Tanpa pikir panjang saya pun akhirnya melakukan penyegaran lagi terhadap artikel tersebut dengan mengedit dan menambah lagi tulisan hingga mencapai 500 kata. Berkomentar di blog orang lain sekaligus menyertakan url artikel yang terkena hukuman juga saya lakukan, namun saya batasi (takut dianggap spam lagi, hahaha)

Akhir kata, semoga dengan kejadian tersebut tidak mengurangi semangat dalam mengurus blog ini sekaligus menambah kreativitas saya dalam menulis artikel yang semakin berkualitas ke depannya. Admin berusaha menghindari asal copy paste tulisan orang lain karena telah merasakan sendiri bahwa menulis dan mengarang itu susah-susah gampang, apalagi bila dikerjakan oleh orang sesibuk saya ini. Hahaha…

torotarantula.com
tags: , , ,