Restore Dan Backup Seluruh Data Firefox

Selasa, September 9th 2014. | Komputer
pasang iklan

Membahas lagi masalah tentang keamanan data, kali ini akan dijelaskan tutorial singkat tentang cara melindungi data yang tersimpan pada browser firefox. Saat ini firefox telah menjadi salah satu jenis browser yang banyak diminati oleh sebagian besar pengguna internet di seluruh dunia, tapi mungkin masih banyak pengguna yang bingung atau bahkan tidak mengerti bagaimana cara melindungi data dalam firefox yang kemungkinan suatu saat akan mengalami permasalahan. Data yang dimaksud antara lain berupa koleksi tema, bookmarks, plugins dan riwayat penjelajahan.

Admin sendiri pernah mengalami bagaimana repotnya saat komputer rewel dan terpaksa harus menjalankan prosedur instal ulang. Padahal banyak bookmarks penting yang tersimpan dalam firefox, kebetulan saat itu sedang aktif menggeluti bisnis online dan blog yang tentu saja banyak link penting yang sengaja disimpan dalam browser tersebut. Maka dari itu, dalam postingan ini saya akan menjelaskan cara melindungi data firefox yaitu dengan backup sehingga sewaktu-waktu dapat kembali melakukan restore.

Langkah pertama yaitu masuk ke explorer dan jangan lupa untuk memunculkan file yang tersembunyi dengan memilih Menu Tools-Folders Options. Pilih tab View kemudian centang “Show Hidden Files and Folders” maka file dan folder yang tersembunyi dapat terlihat. Selanjutnya kita akan mencari folder yang berisi data profil firefox, untuk sistem operasi windows XP lokasi berada di C:\Documents and Settings\[user]\Application Data\Mozilla\Firefox\Profiles. Disana akan terdapat folder dengan nama berakhiran default, folder itulah yang berisi data firefox dan harus kita simpan. Sedangkan untuk pengguna windows 7 Contoh dapat dilihat seperti gambar di bawah :

restore-backup-firefox

Bagian gambar yang dilingkari diatas adalah folder profil data firefox yang dapat kita simpan sebagai backup apabila sewaktu-waktu diperlukan. Untuk melakukan restore kita hanya perlu menyalin file dalam folder tersebut kemudian paste ke dalam folder default firefox yang baru tanpa merubah nama sedikitpun agar nantinya browser yang baru dapat membaca data yang lama

torotarantula.com
tags: , ,