Pengaturan Akun Email Joomla Di Android

Rabu, Maret 16th 2016. | Gadget
pasang iklan

Seperti yang kita ketahui, dalam mengelola sebuah website tidak luput dengan yang namanya akun email, terlebih lagi bagi pelaku bisnis online yang memiliki toko online maupun pemilik layanan online. Mereka semua membutuhkan fasilitas email yang berguna untuk berkomunikasi serta melayani para pelanggan di internet. Mungkin ada yang bertanya, kenapa harus menyediakan email? Ini kan zaman modern, kenapa tidak memberikan nomor handphone, pin bbm, atau aplikasi berbasis chating lainnya yang prosesnya lebih cepat? Benar, itu semua memang diperlukan. Tetapi untuk email saya kira masih berguna untuk digunakan, selain itu mungkin dapat dikatakan akun email adalah salah satu syarat utama dalam hal pelayanan yang wajib disediakan terhadap pelanggan di internet.

email-pop3-joomla

Postingan kali ini dapat disebut lanjutan dari postingan kemarin yang berjudul Membuat Form Kontak Sederhana di Joomla. Banyak orang yang kerepotan dalam memeriksa email masuk di akun webmail nya, karena harus login terlebih dahulu baik melalui browser komputer maupun browser smartphone. Tentu saja cara tersebut kurang efisien dan ribet bagi orang yang memiliki jam kerja tinggi, selain itu alasan klasik yang sering terjadi adalah rasa malas untuk login email. Admin akan membahas mengenai cara melakukan pengaturan email di smartphone android, sehingga email yang masuk akan diberitahukan berupa notifikasi di perangkat pintar android. Tutorial ini dikhususkan untuk email website yang menggunakan CMS Joomla, untuk pengguna gmail dapat membaca dalam artikel Konfigurasi Gmail IMAP Dan POP3 Pada Android.

jenis-email

Langkah pertama, buka aplikasi email (biasanya aplikasi bawaan perangkat). Langsung saja tambahkan konfigurasi baru lewat pengaturan manual. Untuk jenis akun email nya pilih yang jenis POP3. Singkatnya POP3 adalah “Post Office Protocol Version 3” yaitu protokol mail standar yang digunakan dalam menerima email dari server jauh ke klien email lokal. Kelebihan mail tipe ini memungkinkan untuk mengunduh pesan email pada perangkat lokal dan membacanya bahkan saat sedang offline. Ada beberapa poin pengaturan, antara lain :

Pengaturan Masuk
1. Alamat email : akun email (webmail) website yang telah dibuat di cpanel
2. Nama pemakai : biarkan default
3. Kata sandi : kata sandi akun email
4. Server POP3 : alamat url situs yang dipakai.
5. Tipe pengaman : tidak ada
6. Port : 110
7. Hapus email dari server : “tidak pernah”

pengaturan-masuk-pop3

Pengaturan Keluar
1. Server SMPTP : alamat url situs yang dipakai
2. Tipe pengaman : tidak ada
3. Port : 25
4. Nama pemakai : alamat akun email
5. Kata sandi : kata sandi email
6. Jangan lupa untuk memberi tanda check pada “harus masuk”

pengaturan-keluar-pop3

Sebenarnya masih terdapat pengaturan lainnya diluar indikator wajib diatas, namun untuk pengaturan lainnya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan masing-masing. Setelah pengaturan tersebut selesai disimpan, maka perangkat android sudah dapat menerima notifikasi saat ada email baru yang masuk.

torotarantula.com
tags: , ,