Panduan Membuat Kabel UTP Cross Dan Straight

Kamis, November 30th 2017. | Jaringan
pasang iklan

Untuk pembahasan kali ini yaitu akan mengambil tema jaringan, tepatnya kita akan membuat Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) dengan metode cross over maupun straight throught. Dalam membuat jaringan, diperlukan beberapa alat/sarana yang harus dipersiapkan antara lain Crimping Tool RJ45, Kabel UTP, dan Konektor RJ45. Untuk penjelasan masing-masing alat yang pertama adalah Crimping Tool, alat ini digunakan untuk menempatkan dan mengunci kabel UTP dengan Konektor RJ45. Kabel UTP digunakan untuk media transmisi di dalam jaringan LAN. Sedangkan Konektor RJ45 berfungsi sebagai konektor atau penghubung yang digunakan dalam suatu jaringan.

peralatan-membuat-kabel-utp

Kabel Cross Over menggunakan susunan warna kabel yang berbeda antara konektor satu dengan konektor kedua. Fungsinya adalah untuk menghubungkan 2 buah perangkat yang sama seperti komputer dengan komputer atau menghubungkan 2 buah switch. Sedangkan Straight menggunakan susunan warna kabel yang sama antara konektor satu dengan konektor dua. Fungsinya yaitu untuk menghubungkan 2 buah perangkat yang berbeda seperti komputer dengan switch atau switch dengan router.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kabel UTP baik Cross atau Straight yaitu posisi dan urutan warnanya, karena masing-masing berbeda dalam hal urutan warna. Untuk kabel Cross urutan warna pada kabel 1 adalah putih jingga, jingga, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, coklat dan untuk kabel 2 yaitu putih hijau, hijau, putih jingga, biru, putih biru, jingga, putih coklat, coklat. Sedangkan untuk kabel Straight urutan warnanya pada kabel 1 antara lain putih jingga, jingga, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, coklat dan kabel 2 yaitu putih jingga, jingga, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, coklat. Untuk lebih jelasnya dapat dengan melihat gambar ilustrasi dibawah ini :

utp-cross-straight

Langkah-langkah :

  • Tentukan panjang kabel yang dibutuhkan.
  • Kupas kulit lapisan luar kabel (hati-hati, usahakan kabel kecil di dalam tidak terpotong).
  • Luruskan dan sejajarkan kabel kecil di dalam supaya mudah ketika dimasukkan ke lubang konektor RJ45.
  • Masukkan kabel ke konektor sampai ujung kabel menyentuh ujung lubang konektor (usahakan bagian kulit luar kabel masuk sedikit ke konektor, hal ini dimaksudkan supaya saat penguncian akan optimal).
  • Jepit konektor menggunakan Crimping tool dan pastikan berbunyi, tanda bahwa penguncian berhasil.
  • Selesai.
torotarantula.com
tags: , , ,