Mengenal Perbedaan Notebook Dan Netbook

Selasa, September 23rd 2014. | Komputer
pasang iklan

Sekilas saat membaca judul artikel ini mungkin hal yang akan dibahas terlihat sepele. Namun patut di garis bawahi, ternyata masih banyak diantara kalangan umum masih bingung bagaimana membedakan antara Notebook dengan Netbook baik dari segi fisik, spesifikasi dan kegunaannya. Bayangkan bagaimana kita bisa memilih bila membedakannya saja tidak tahu, bisa-bisa salah beli ujungnya. Untuk itu disini akan dijelaskan lengkap perbedaan antara keduanya agar nantinya kita bisa membedakan dan tidak terjebak pada info yang salah.

Dapat dikatakan kegunaan Notebook dan Netbook sama, yaitu sama-sama perangkat komputer yang dirancang dengan versi sederhana agar dapat digunakan secara efisien dimanapun anda berada. Hal itu tentu saja dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan setiap orang yang mempunyai daya mobilitas tinggi serta membuatnya lebih ringkas apabila dibandingkan dengan komputer desktop.

perbedaan-notebook-dan-netbook

Notebook
Notebook umumnya memiliki ukuran layar cukup lebar dengan fitur yang cukup lengkap seperti pada komputer desktop diantaranya tersedia optical drive internal untuk membaca cd/dvd, memiliki kapasitas drive yang mumpuni sehingga cocok untuk pengguna yang menginginkan penyimpanan yang cukup dalam menyimpan program dan file. Untuk beratnya sendiri, Notebook memiliki berat sekitar 2 kg atau lebih.

Netbook
Berbeda dengan Notebook yang mempunyai fitur cukup mumpuni, Netbook memiliki ukuran yang mini sehingga terkesan lebih portable. Beratnya kurang dari 2 kg, sehingga cocok dibawa kemana-mana dengan mudah. Untuk alasan tersebut, maka biasanya Netbook tidak dilengkapi dengan optical drive sehingga lebih menghemat ruang pada perangkat. Netbook cocok untuk penggunaan harian yang ringan dengan keunggulannya yang lebih hemat energi.

Diatas adalah gambaran singkat perbedaan antara Notebook dan Netbook. Perbedaan secara lebih terperinci dan lengkap dapat dilihat dibawah ini :

  1. Ukuran, Notebook memiliki ukuran layar yang lebih besar (14 inci keatas) bila dibandingkan dengan Netbook yang hanya memiliki ukuran layar sekitar 7-12 inci.
  2. Performa, Berbeda dengan Netbook yang dapat digunakan untuk aktivitas pengolahan dengan performa yang tinggi, Netbook di desain hanya untuk pekerjaan ringan seperti mengetik (word, excel, power point), browsing internet, multimedia seperti musik, serta permainan yang ringan saja.
  3. Harga, Perangkat Notebook di pasaran biasanya dipatok dengan harga diatas 3 juta, sedangkan Netbook relatif lebih murah, yaitu dibawah 3 juta.
  4. Pemakaian, Notebook cocok digunakan oleh pengguna yang memerlukan kemampuan pengolahan data maksimal diantaranya untuk keperluan grafis dan editing bahkan untuk permainan. Sedangkan Netbook lebih cocok untuk pengguna yang kegiatannya lebih banyak mengolah data ringan sampai sedang, menjelajah internet, dan menonton video atau mungkin beberapa permainan ringan.

Kesimpulannya adalah, apapun yang akan anda pilih antara Notebook dan Netbook agar nantinya dapat dipertimbangkan terlebih dahulu. Sesuaikan dengan kebutuhan kita, apakah untuk keperluan yang membutuhkan performa tinggi ataupun hanya untuk pekerjaan yang ringan saja. Sesuaikan juga dengan budget yang dimiliki sehingga akan diperoleh perangkat yang pas dengan kantong tetapi tidak mengorbankan performa handal dan sesuai dengan keinginan.

torotarantula.com
tags: , , ,