Membuat Animasi Flash Baling Berputar

Jumat, Desember 8th 2017. | Flash
pasang iklan
Sekarang ini pemakaian animasi begitu lekat dengan lingkungan disekitar kita baik itu untuk keperluan hiburan maupun pekerjaan. Animasi dapat didefinisikan sebagai suatu gambar yang bergerak berbentuk dari kumpulan objek berupa gambar serta susunannya beraturan berdasarkan alur yang telah ditentukan pada setiap hitungan waktu yang terjadi. Animasi membuat gambar diam menjadi terasa lebih hidup.

Dalam postingan ini akan dibahas cara membuat animasi baling-baling berputar dengan menggunakan aplikasi yang tentunya tidak asing terdengar bagi kita, yaitu Adobe Flash. Untuk tutorial ini versi yang digunakan adalah Adobe Flash CS4. Sebelum ke langkah selanjutnya, ada baiknya terlebih dahulu memahami seperti apa lembar kerja Adobe Flash serta fungsi-fungsi dasarnya. Penjelasan singkat sebagai berikut :

  1. Menu Bar : Merupakan kumpulan menu utama lengkap yang berisi fitur dan perintah serta terdiri dari beberapa sub menu.
  2. Toolbox : Fitur yang berisi alat untuk menggambar, melakukan seleksi objek, serta memanipulasi objek pada timeline dan stage.
  3. Panel Properties : Adalah fitur yang dapat mengatur dokumen serta gambar objek yang digunakan dalam membuat animasi.
  4. Library : Digunakan untuk menyimpan aset berupa objek gambar, suara, video dan lain-lain.
  5. Timeline : Tempat yang digunakan untuk mengatur alur pergerakan waktu pada animasi yang dibuat. Timeline berisi frame dan layer.
  6. Stage : Bisa juga disebut dengan lembar kerja, yaitu tempat halaman utama untuk membuat serta melakukan pengaturan animasi yang akan ditampilkan.
  7. Graphic : Merupakan simbol berupa gambar diam dan biasa digunakan dalam membuat objek gambar seperti pohon, awan dan lain-lain.
  8. Button : Adalah simbol yang digunakan untuk membuat objek tombol.
  9. Movieclip : Digunakan dalam membuat objek bergerak dimana akan melakukan pengulangan secara otomatis pada animasi yang dibuat.

Langkah pertama kali untuk membuat animasi baling bergerak, buka Adobe Flash CS4 kemudian dan pilih buat dokumen baru dengan memilih “Flash File (ActionScript 3.0). Disini dipilih ActionScript 3.0 karena versi tersebut adalah perbaikan model pemrograman yang konsisten sesuai dengan standar. Nantinya script yang dibuat dalam file animasi ActionScript 3.0 dapat dijalankan di Adobe Flash CS4 keatas, namun tidak bekerja baik pada versi dibawahnya.

membuat-animasi-baling-1

Selanjutnya, buat simbol baru pada library dengan cara : Pilih Insert – Create New Symbol. Pada kolom name isi dengan nama objek yang akan dibuat misal : balingbaling. Untuk type pilih Graphic. Lalu klik OK.

membuat-animasi-baling-2

Ketiga, buat objek baling-baling dengan menggunakan tool yang tersedia. Contohnya dengan menggunakan Oval Tool seperti berikut.

membuat-animasi-baling-3

Kemudian kita buat simbol baru lagi seperti poin pertama diatas, perbedaannya untuk type kali ini dipilih “Movie Clip”. Kolom nama bedakan dengan yang pertama, misalnya “balingberputar”. Klik OK

membuat-animasi-baling-4

Klik simbol yang bernama “balingbaling” pada library, tahan lalu geser (drag) dan masukkan pada lembar kerja Movie Clip yang sebelumnya telah dibuat bernama “balingberputar”.

Langkah selanjunya untuk membuat objek gambar bergerak, lihat bagian timeline di Layer 1 kemudian klik frame dengan letak terserah (disini dipilih frame 30) dan Klik Kanan – Insert Keyframe. Lalu pilih frame lagi (disini frame 20) Klik Kanan – Create Motion Tween.

membuat-animasi-baling-5

Terakhir, klik pada tab menu properties dan lihat pada bagian rotation. Di Direction pilih antara CW (Counter Wise/Berputar searah jarum jam) atau CCW (Counter Clock Wise/Berputar berlawanan dengan arah jarum jam). Untuk melihat apakah animasi dapat dijalankan, Tekan CTRL + ENTER.

membuat-animasi-baling-6Untuk melihat apakah animasi dapat dijalankan, Tekan CTRL + ENTER.

torotarantula.com
tags: , ,