Instal Sistem Operasi Win 7 Dengan Flash Disk

Sabtu, Januari 18th 2014. | Komputer
pasang iklan

Gawat! Perangkat laptop atau PC tiba-tiba bermasalah dan harus diinstal ulang, tetapi apa jadinya jika optical drive pada perangkat kebetulan tidak terpasang? Pada saat ini memang banyak terdapat perangkat komputer seperti notebook dan netbook yang mengurangi spesifikasi produknya seperti menghilangkan perangkat pembaca cd/dvd dengan dalih mengikuti selera konsumen yang ingin segala sesuatunya lebih ringkas. Lantas bagaimana caranya instal ulang kalau alat untuk membaca cd/dvd saja tidak ada ya?Memang kebanyakan dari kita menyimpan file instalasi sistem operasi di dalam sebuah kaset cd/dvd, hal tersebut tentu saja bertujuan untuk berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu sistem operasi pada PC atau laptop mengalami masalah yang serius sehingga harus dilakukan instal ulang. Apakah proses instal ulang hanya dapat dilakukan menggunakan kaset cd/dvd saja? Tentu saja tidak. Salah satu cara yang mudah yaitu dengan menggunakan flash disk. Dengan bentuk fisiknya yang portable dan ringan menjadi kelebihan tersendiri untuk dapat digunakan sebagai media instalasi OS.Pada pembahasan ini akan dijelaskan langkah menjadikan flash disk supaya dapat digunakan untuk menginstal ulang sistem operasi khususnya windows 7 pada komputer. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah sebuah flash disk, file *iso windows 7, dan software “Windows 7 USB/DVD Download tool”. Karena instalasi windows 7 membutuhkan setidaknya ruang sebesar 3 GB, maka flash disk yang anda miliki minimal harus 4 GB. Sekarang kita mulai langkah-langkahnya, segera jalankan aplikasi tersebut setelah sebelumnya selesai menginstalnya di drive komputer. Klik tombol browse untuk memilih file *iso windows 7 berada, lalu klik next.

windows7-usb-dvd-tool-1

Langkah kedua, pilih media yang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan backup windows 7. Dapat berupa dvd dan flash disk, kita pilih saja usb drive.

windows7-usb-dvd-tool-2

Lanjut ke langkah tiga, pilih perangkat yang akan dijadikan backup windows 7 lalu klik begin copying.

windows7-usb-dvd-tool-3

Tunggu hingga proses menyalin selesai.

windows7-usb-dvd-tool-4

Sebelum flash disk tersebut dapat digunakan, masuk BIOS pada komputer terlebih dahulu dengan cara mengatur booting pertama menjadi usb drive agar saat proses instal ulang flash disk dapat berjalan. Untuk sistem operasi windows xp, baca artikel lain dengan judul instal windows xp dengan flash disk

torotarantula.com
tags: , , ,