Form Kontak WordPress Dengan Plugin

Minggu, Maret 27th 2016. | Wordpress
pasang iklan

Dalam artikel minggu lalu telah dijelaskan perihal membuat form kontak sederhana di cms joomla. Maka dari itu postingan kali ini saya ingin memberikan penjelasan lain mengenai tutorial membuat form kontak di wordpress. Form kontak yang dibuat nanti cukup ringan serta memiliki fasilitas yang lumayan lengkap, seperti fitur upload.

form-kontak-wordpress

Plugin yang akan digunakan adalah FS Contact Form (Fast Secure Contact Form) dan dapat diunduh terlebih dahulu di menu plugin – tambah baru – cari plugin. Masih dalam halaman administrator wordpress (menu plugin – tambah baru), unggah plugin yang telah diunduh kemudian aktifkan. Lakukan pengaturan dasar terlebih dahulu pada plugin tersebut, indikator yang dipakai antara lain :

  • Welcome introduction : pesan pembuka yang ingin ditampilkan dalam halaman kontak.
  • Email To : alamat email utama, dimana email pengunjung yang dikirimkan melalui halaman website akan masuk di email tersebut. (format : Webmaster,email anda)

Selanjutnya lihat di pengaturan lain, kita mulai pada tab “Fields”. Fungsi menu tersebut adalah untuk menambah/mengurangi kolom tabel pada form kontak. Misalnya untuk menambah fitur upload dapat dilakukan dengan membuat tabel dengan tipe attachment. Terdapat pula pilihan untuk mengaktifkan CAPTCHA, fitur tersebut berfungsi untuk keamanan dan menyaring pesan berantai dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Captcha dapat diaktifkan di bagian “Security” dan untuk pengaturan lainnya dapat disesuaikan sendiri. Apabila gambar captcha tidak muncul pada form kontak, buat file htacces di folder plugin pada akun cpanel, isi dengan kode :

kode-htacces

Jika pengaturan pada FS Contact Form dirasa telah tepat, sekarang saatnya membuat halaman menu. Buat atau tambahkan menu baru pada halaman administrator joomla. Tulis judul menu tersebut, misalnya “Kontak Kami” kemudian pada bagian kolom isi dengan kode :

[si-contact-form form='1']

Simpan dan atur letak menu sesuai keinginan. Perlu untuk diketahui, terkadang penyedia hosting menonaktifkan fungsi mail() di php dengan alasan beberapa hal. Untuk mengatasinya dapat dengan menginstal plugin “WP Mail SMTP”, sedangkan detail pengaturan dapat menghubungi penyedia layanan hosting anda. semoga bermanfaat

torotarantula.com
tags: , , ,