Bad Sector Hardisk Dan Penyebabnya

Kamis, Januari 23rd 2014. | Komputer
pasang iklan

Bad sector yaitu kerusakan perangkat hardisk pada suatu cluster (unit alokasi) yang bilamana blok cluster mengalami kerusakan, maka sektor-sektor yang ada tidak akan dapat diisi dan ditempati oleh file atau dapat dikatakan tidak dapat digunakan dalam hal penyimpanan data. Perangkat komputer akan berhenti berfungsi jika bad sector benar-benar sudah parah terjadi. Hal-hal seperti kehilangan data penting dan kegagalan booting mungkin tidak dapat dihindari.

hardisk

Sebenarnya hal sekecil apapun dapat menjadi penyebab terjadinya bad sector. Secara umum terdapat dua sebab, seperti kesalahan pengguna dan hardware/sistem. Beberapa penyebab umum yang mengakibatkan terjadinya bad sector antara lain :

Karena kesalahan pengguna

  • Guncangan dapat mengakibatkan tergoresnya piringan dalam hardisk. Hal tersebut dapat terjadi ketika hardisk mengalami guncangan atau benturan saat sedang melakukan proses tulis atau baca dengan kecepatan tinggi. Misalnya pada laptop, kebiasaan sering mengangkat dan memindah perangkat tersebut ketika dalam keadaan menyala lebih beresiko terjadi benturan dan guncangan yang dapat merusak komponen hardisk.
  • Penyebab lainnya yaitu, pengguna mematikan perangkat komputer tidak sesuai dengan prosedur yang dianjurkan. Langsung menekan tombol on-off dan mencabut kabel sumber arus adalah hal yang harus dihindari. Bila ingin mematikan komputer disarankan untuk menggunakan langkah menu shutdown.
  • Perlahan piringan hardisk dapat tergores karena tidak teraturnya susunan file dalam komputer yang mengakibatkan terjadinya bad sector. Banyak pengguna komputer yang tidak memperhatikan proses dalam menyalin, menyimpan dan memindah file. Tentu hal demikian membuka kemungkinan data yang tersimpan dalam hardisk tidak tertata. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan peralatan defragment yang terdapat pada sistem ataupun dengan software dan lakukan secara berkala.

Karena sistem dan hardware

  • Selalu perhatikan umur hardisk. Kinerja hardisk akan menurun atau bahkan kehilangan performanya. Rata-rata hardisk dapat bertahan antara 5-8 tahun penggunaan. Disarankan untuk selalu melakukan backup secara berkala apabila kemampuan hardisk sudah mulai menurun, karena bagaimanapun kapan hardisk akan rusak tidak dapat diprediksi secara tepat.
  • Penyebab lain kendala bad sector adalah listrik mati. Tegangan listrik yang naik-turun dan mati secara tiba-tiba disaat komputer sedang bekerja dapat membuat head akan dipaksa berhenti sehingga dapat menggores piringan hardisk.
  • Virus yang menjangkiti sistem operasi pada komputer apabila dibiarkan dapat merusak file dan sistem operasi. Apabila terus berlanjut, sektor-sektor pada hardisk mungkin juga akan mengalami kerusakan
torotarantula.com
tags: , ,